Dampak Buruk Pecandu Game




Assalamuallaikum , pada kali ini saya akan membahas tuh tentang dampak buruk kecanduan bermain GAME .. yuk simak artikelnya

Menyebabkan perilaku agresif
terutama bagi anak laki-laki karena kecenderungan memainkan game dengan tema kekerasan yang membuat ia meniru apa saja yang ada di dalam game tersebut

Mengabaikan kebutuhan lain
misalnya belajar, makan, mandi, tidur, dan lebih suka bermain game sendiri di depan komputer atau televisi daripada bergaul dengan saudara atau teman di lingkungan sekitar.

Mengganggu kesehatan
berupa gangguan pencernaan, kram tangan dan lain-lain karena sering mengabaikan kebutuhan makan dan istirahat.

Memicu masalah emosi
seperti sering marah, murung, merasa sendiri, dan marah ketika mendapat teguran karena terlalu lama bermain game.

Mengalami obsesi
yaitu perasaan tertekan ketika tidak bermain sehingga anak terus berpikir tentang game dan ingin bermain untuk waktu yang cukup lama.

Mendorong ketidakjujuran
biasanya mengenai waktu dan uang yang telah mereka habiskan untuk bermain game. Mereka melakukan ini karena kebohongan merupakan cara untuk melindungi kesenangan bermain game.

Tidak mampu mengendalikan diri
seorang pecandu game awalnya berencana bermain selama satu jam, akan tetapi ia melakukannya selama dua jam atau lebih, bahkan mungkin sepanjang malam. Mereka melakukan ini karena mengalami kesenangan saat bermain dan kehilangan rasa itu saat berhenti. Untuk mengatasi rasa
kehilangan itu pecandu memilih bermain game lebih banyak lagi. Proses ini merupakan lingkaran setan seperti yang dialami pecandu rokok, narkotika, dan judi.

Mempengaruhi otak
Permainan yang  terus-menerus dilakukan menjadi pengalaman baru, seperti proses belajar dan mengingat. Pengalaman baru yang menyenangkan dapat memberikan motivasi bagi otak untuk terus melakukannya dan  akhirnya menimbulkan perubahan pada struktur dendrit sel-sel di otak. Perubahan tersebut mengakibatkan masalah pada anak dalam mengontrol perilaku sehari-harinya. Perubahan struktur otak akibat kecanduan game dapat dilihat melalui pemeriksaan MRI (Magnetic Resonansi Imaging). Pecandu game mengalami peningkatan metabolisme glukosa dalam gyrus orbitofrontal kanan tengah, nukleus caudatus kiri, dan insula kanan dari otak, dibanding anak normal.

Walau begitu dampak buruk dari semua point diatas bisa kita bendung dengan cara orang tua menjadi pengawas alias menjaga anaknya agar tidak memainkan game terlalu lama atau memainkan genre kekerasan yang banyak di favoritkan anak laki - laki, karna dari berbagai kasus orang tua malah membiarkan anaknya memainkan game meraka tanpa diawasi sama sekali dan tanpa sadar anak itu sudah menjadi pecandu game .

oke sekian dulu yaa ~ :)




Share on Google Plus

About komikpdf

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik ya kawan ku :)