ini dia BAHAYA Gadget/Ponsel bagi kita







Assalamuallaikum , kali ini saya akan membagikan beberapa informasi terkait tentang bahaya Gadget yang sudah menjadi salah satu kebutuhan hidup kita

Bahaya Ponsel Bagi Otak Meningkatkan Risiko Kanker Otak

Pada tahun 2011 International Agency for Research on Cancer (IARC) mengelompokkan radiasi smartphone ke dalam Grup 2B yang memungkinkan efek karsinogenik. Karsinogenik adalah zat yang menyebabkan penyakit kanker. Dengan menggunakan smartphone rata-rata satu jam per hari bisa meningkatkan risiko tumor jika kebiasaan ini dilakukan selama 10 tahun.

Kelelahan Otak

Biasanya yang terjadi ketika bermain HP justru membuat kamu lupa waktu dan melewati jam tidur kamu. Hal tersebut membuat otak kamu menjadi lelah dan untuk hari berikutnya akan kesulitan untuk belajar atau bekerja akibat kurang tidur dan otak yang masih lelah untuk beraktivitas.

Kerusakan Mata

Hal ini juga merupakan salah satu kerusakan yang cukup sering terjadi karena terlalu lama menatap layar smartphone dan terpapar cahaya biru dari smartphone membuat retina mata menjadi tegang bahkan beberapa peneliti menyebutkan jika terlalu lama dengan kebiasaan tersebut dapat menyebabkan katarak.

Kelainan Postur Tubuh

Menggunakan smartphone berlama-lama dengan posisi badan tidak benar dapat mengakibatkan kelainan postur tubuh. Misalnya menggunakan smartphone sembari duduk dengan posisi tulang belakang terlalu membungkuk ke depan. Kelainan postur tubuh atau penyakit degeneratif ini biasanya banyak ditemui pada usia lanjut, sekitar 40 hingga 50 tahun ke atas.

Mengurangi Produktivitas

Selain untuk komunikasi, smartphone sejatinya dapat menunjang produktivitas penggunanya dalam kehidupan sehari-hari, seperti menerima dan membalas email, browsing internet, membuat dokumen tulisan, dan lain sebagainya. Namun lain halnya jika smartphone hanya digunakan untuk media sosial (Facebook, Twitter, Path, Instagram, dll) dan bermain game. Apalagi jika bermain game hingga lupa waktu seperti bermain Clash of Clans misalnya. Bisa dipastikan produktivitas kamu bisa berkurang karena tidak sempat lagi mengerjakan hal lain yang lebih produktif.

Menimbulkan Kecanduan

Berkat perkembangan teknologi terus meningkat membuat smartphone dapat melakukan banyak fungsi. Kamu dapat dengan mudah menerima dan membalas e-mail, chatting, berselancar di internet, menonton video, mendengarkan musik, bermain game, atau berinteraksi di media sosial. Kemudahan-kemudahan ini disinyalir dapat menimbulkan kecanduan sehingga hampir setiap menit kita bisa mengecek ponsel apakah ada pesan masuk atau tidak. Penelitian yang dilakukan tim dari Rutgers University menyebutkan, untuk menyembuhkan pecandu smartphone, terapi yang digunakan sama seperti terapi untuk pecandu narkoba.

Kurang Peduli Terhadap Lingkungan Sekitar

Pada saat menggunakan smartphone, biasanya hampir seluruh konsentrasi pikiran kita tertuju pada smartphone dan tanpa memedulikan keaadaan sekitar. Parahnya lagi, banyak orang yang menggunakan smartphone pada saat mengendarai mobil atau motor, saat menyebrang jalan, atau menaiki eskalator yang dapat menimbulkan bahaya terhadap pengguna smartphone ini sendiri.

mungkin segini aja informasi dari mimin .. :3 njaa~

Sumber : jalantikus
Share on Google Plus

About komikpdf

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik ya kawan ku :)