Persatuan







Assalamuallaikum

Pesatuan dalam bahasa arab disebut dengan kata “ ittikhadun “ , dalam kamus besar bahasa indonesia persatuan dapat diartikan gabungan  ( ikatan atau kumpulan ) beberapa bagian yang telah bersatu. Secara istilah persatuan sebagai bentuk kecenderungan asasi manusia sebagai makhluk sosial yang di aktualisasikan dalam bentuk kegiatan .

Melakukan pengelompokan dengan sesama manusia menurut pertimbangan kebutuhan , ataupun ikatan tertentu dalam mencapai suatu tujuan , karena itu manusia dalam berbagai zaman dan tingkat peradabannya , memiliki tabiat untuk bersatu ataupun berkelompok dengan sesama manusia untuk memenuhi hajat ( keperluan ) dalam hidupnya

Sebenarnya Al-quran itu tidak mengharuskan penyatuan seluruh umat islam ke dalam suatu wadah kenegaraan . karna Allah menciptakan manusia dari satu keturunan dan bersuku suku ( demikian juga rumpun dan ras manusia ) , agar mereka saling mengenal dan saling memanfaatkan potensi masing masing demi kepentingan bersama , agar tidak timbul perecahan dan kesalapahaman antara umat .

Rasulullah saw dalam strategi dakwah dan juga pola dakwah telah menjadikan persatuan umat sebagai modal  besar kesuksesan kaum muslimin di berbagai bidang , persatuan umat yang direkatkan oleh rasa kasih sayang antara sesama umat yang telah di satukan dalam persaudaraan . Ayatullah syirazi dalam tafsirnya mengutip beberapa pendapat para ahli dari barat yang menyatakan bahwa bangsa arab telah keluar dari persoalan kelaparan dan kemiskinan dengan nilai persatuan yang dibawa Rasullah saw .

Selanjutnya Nabi Muhammad saw mengisyaratkan pentingnya persatuan tersebut untuk masa depan umat islam .

Abu Syuraih Al-Khuza’i berkata: Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallamberada di tengah-tengah kami, beliau bersabda: “Kabar gembira buat kalian, apakah kalian bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang haq selain Allah dan aku adalah utusanNya?” Para sahabat menjawab: “Benar”. Kemudian Rasulullah ` bersabda: “Sesungguhnya Al-Qur’an ini adalah perantara (tali), salah satu ujung talinya berada di sisi Allah dan ujung lainnya ada di tengah-tengah kalian, maka berpegang teguhlah padanya, sungguh kalian tidak sesat dan binasa jika berpegang teguh padanya (Al-Qur’an).” (Shahih Ibnu Hibban, 12/165).

Hadits diatas menunjukan keistimewaanya persatuan bagi kita sesama umat muslim , alangkah baiknya kita saling sama sama menghargai untuk tercapainya persatuan umat di zaman sekarang yang serba cepat ini ..

Wasalam

Sumber :

Sapinah Kurnia Asih , Aqidah Akhalak

Kutipan hadits dari https://id-id.facebook.com/notes/cinta-islam/hikmah-indahnya-persatuan-dan-buruknya-perpecahan/190828137620329

Share on Google Plus

About komikpdf

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik ya kawan ku :)