Penerapan Etos Kerja dalam kehidupan sehari hari

Etos Kerja


Kata etos berasal dari bahasa yunani “ethos” yang artinya watak atau karakter. Jadi etos kerja dapat dimaknai sebagai karateristik dan sikap , kebiasaan , serta kepercayaan , yang bersifat khusus tentang seorang individu atau sekelompok manusia.

Jadi etos kerja di maksudkan sebagai setiap bekerja harus memiliki semangat dan sungguh sungguh dalam menjalani suatu pekerjaan . Semangat atau etos kerja dapat menimbulkan keberhasilan sesuai dengan apa yang di harapkan , sedangkan jika bekerja tanpa semangat maka sudah dapat di pastikan bahwa hasil dari pekerjaan yang kita kerjakan akan selesai setengah setenga dan kurang memuasakan   .

Islam bukanlah agama yang hanya mengajarkan kepada umatnya untuk selalu mementingkan urusan akhirat saja . Namun islam juga bukan agama yang mengajarkan kepada umatnya untuk mengejar kebahagian dunia . Tapi islam mengajarkan kepada kita untuk memperoleh kebahagian di dunia dan di akhirat.

Islam mengajarkan adannya keseimbangan antara urusan dunia dan akhirat . Dunia dalam pandangan islam ialah sebagai ladang atau sarana untuk beribadah dan beramal sebagai bekal menuju akhirat , Bekerja atau berusaha merupakan suatu kewajiban kita sebagai seseorang , sebab tanpa bekerja seseorang tidak akan mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya..

Islam tidak pernah mengajarakan kepada umatnya untuk bermalas malasan yang hanya meminta atau mengharapkan belas kasihan kepada orang lain , karna tangan diatas lebih baik dari tangan di bawah  artinya orang yang memberi lebih mulia di banding orang yang di beri .. sekecil apapun pemberian kita kepada orang lain jikalau kita ikhlas insyaallah berkah

Dari pengertian diatas maka kita dapat menyimpulkan bahwa seorang muslim dalam melakukan suatu aktivitas pekerjaan haruslah didasarkan pada kesungguhan , ketekunan dan keuletan serta mengharapkan ridhonya Allah Swt

Sumber : Muhammad Ridwan Taufik , Alquran Hadits
Share on Google Plus

About komikpdf

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik ya kawan ku :)