Pentingnya ilmu teknologi Berlandaskan Islam




Umat Islam sebagai bagian dari komunitas dunia, cenderung kurang mampu mengikuti perkembangan zaman pada saat ini. Apalagi jika ingin mengungguli bangsa lain dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengarahkan perubahan kehidupan ke arah yang lebih baik tentu saja semakin sangat rumit.Padahal Islam sangat memerhatikan upaya menciptakan generasi qur’ani (pandangandan perilaku berbasis nilai qur’an), pribadi berkarakter, dan berkualitas. Generasi yang diharapkan tampil dengan kekuatan iman dan taqwa, memiliki kertampilan,menguasai ilmu pengatahuan dan teknologi, menuju pembumian nilai Islam secara kaffah , cita ideal ini perlu diwujudkan sebagai upaya memenuhi tugas risalah, menyemai suburnya iman, membagun kekuatan budaya Islam dengan mengamalkan Islam sebagai rahmatan lil’alamain. Visi keunggulan dan daya saing umat, sebagai umat terbaik, umat tengah/adil sebagai saksi sejarah yang mendapat petunjuk

Peran Islam dalam perkembangan teknologi informasi adalah bahwa Syariah Islam harus dijadikan standar pemanfaatan perkembangan teknologi informasi. Ketentuan halal-haram (hukum-hukum syariah Islam) wajib dijadikan tolak ukur dalam pemanfaatan perkembangan teknologi informasi, bagaimana pun jugabentuknya. Perkembangan teknologi informasi yang boleh dimanfaatkan adalah yang telah dihalalkan oleh syariah Islam. Sedangkan perkembangan teknologi informasi yang tidak boleh dimanfaatkan, adalah yang telah diharamkan syariah Islam.

Tentu tidak dapat di pungkiri bahwa kita membutuhkan generasi islam yang siap untuk menggoreskan catatan kebanggaan dalam dunia teknologi yang saat ini masih dikuasai oleh bangsa barat karna tujuan pendidikan Islam ditegaskan bahwa: ” The aim of education in Islam is to produce a good man  ” yang berarti bahwa tujuan pendidikan Islam adalah menghasilkan pribadi manusia yang baik. Adapun yang baik itu adalah berkenaan dengan adab, berkenaan esensi budi dalam percapaian kualitas kebaikan dimensispiritual dan material manusia.

Dengan demikian pemanfaatan teknologi bagi pendidikan islam sangat diperlukan di era zaman modern ini , mari kita optimalisasikan sumber daya manusia berjiwa islamiah , teguh beragama dan berbasis nilai nilai yang terkandung dalam al-quraan agar bisa merubah kehidupan di dunia menjadi lebih bercahaya dengan adanya rahmat dan berkah dari Allah SWT. 

wassalam ..


             sedikit ilham dari Allah SWT
Share on Google Plus

About komikpdf

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik ya kawan ku :)